Manfaat soda ash dalam perawatan kolam renang memiliki fungsi mengikat kotoran di dalam air, sehingga kotoran menjadi mengendap ke dasar kolam renang. Soda ash memiliki nama ilmiah karbonat natrium (Na2CO3). Soda ash adalah garam sodium dari asam karbonat berbentuk bubuk putih yang tidak berbau.

Soda Ash memiliki basis berbeda dengan HCL yang lebih asam. Sodah ash juga mampu menyerap kelembaban dari udara dan membentuk larutan air alkali kuat. Karena sifat ini, soda ash digunakan sebagai obat pengendali pH air, juga dapat digunakan sebagai pelunak dan penjernih air.

Manfaat soda ash untuk perawatan kolam renang Anda

Soda ash termasuk chemical yang biasa digunakan sebagai penjernih air kolam yang keruh. Penyebab air kolam menjadi keruh diakibatkan oleh penumpukan lumut yang mati, sehingga air kolam renang menjadi berwarna kecoklatan dan kotor. Untuk menjaga air kolam tetap sehat, maka pH air kolam renang perlu diseimbangkan. Anda bisa menggunakan soda ash untuk menyeimbangkan pH air kolam renang di rumah minimalis Anda. Dosis yang digunakan untuk menyeimbangkan pH air kolam renang harus deperiksa menggunakan test kit untuk disesuaikan dengan kondisi air kolam dan volumenya.